Sunday, November 22, 2015

Don't Sell, Just Serve With Right Way !

Pada zaman sekarang, persaingan bisnis bukan hanya ditentukan dari kemampuan perusahaan tersebut dalam menentukan strategi penjualan yang baik. Namun juga ditentukan oleh strategi bagaimana melayani pelanggan dengan baik pula. Tapi bukan berarti produk yang dijual juga diabaikan kualitasnya. Produk juga harus diperhatikan kualitasnya agar tetap baik, juga memiliki nilai yang khas seperti brand misalnya. Agar pelanggan mampu membedakan produk satu dan lainnya walaupun sejenis.

Dalam melayani pelanggan, perusahaan harus memperhatikan tingkatan mutu pelayanan yang sesuai dengan seberapa besar si pelanggan siap untuk membayar. Semakin besar bayaran, maka semakin tinggi tuntutan atau ekspektasi kepada penyedianya. Jika ia puas, maka hubungan pelanggan dan penyedia akan menjadi baik. Jika tidak, maka sebaliknya.

Oleh karena itu, melayani pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan mereka jauh lebih penting daripada hanya menjual. Karena sebagus apapun barangnya jika tidak menjaga hubungan baik dengan pelanggan, maka lama kelamaan pelanggan itu akan semakin berkurang dan pergi. Dengan itu penjualan juga semakin tidak ada dan terjadi bankrupt.

Membangun hubungan dengan pelanggan bukan hal yang mudah. Apalagi kalau jumlah pelanggan berjumlah banyak. Tidak mungkin suatu perusahaan memahami satu persatu pelanggannya dengan sempurna.

Maka dari itu dibutuhkan suatu metode yang baik dan tepat untuk mengetahui pelanggannya secara lebih baik. Sehingga terbangun hubungan pelanggan dengan perusahaan tidak hanya sebagai pembeli dan penjual, namun seperti saudara atau keluarga.

Ada beberapa cara, namun yang terbaik adalah menggunakan CRM (Customer Relationship management) atau manajemen hubungan pelanggan.

Apakah itu CRM ?

CRM dapat pula didefinisikan sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran dan pelayanan yang terkoordinasi (Kalakota dan Robinson 2001). CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut (Laudon dan Traver 2002).
Temporal and Trott (2001) menjelaskan bahwa CRM adalah kolaborasi dengan setiap konsumen untuk menciptakan situasi win-win dengan meningkatkan nilai kehidupan pelanggan setiap harinya agar menjadi loyal.

Kesimpulannya CRM adalah suatu metode untuk melakukan analisa perilaku pelanggan dari suatu perusahaan. Dari hasil analisisnya perusahaan bisa mengambil cara bagaimana melayani pelanggannya secara lebih personal.
  
Pelaksanaan CRM

Dalam pelaksanaannya CRM dapat menggunakan macam macam media. Seperti pada jurnal berjudul “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN)” yang ditulis oleh Ovi Dyantina dan Kawan Kawan. Di jurnal itu dijelaskan penggunaan CRM dengan media berbasis web. Begitu juga di jurnal yang berjudul “Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Web pada Griya Muslim Flora” karya Teti Wijayanti yang mengembangkan CRM berbasis web di Griya Muslim Flora. Di jurnal ini dijelaskan bagaimana suatu sistem WEB dapat mendapatkan informasi dari pelanggan, dengan skema gambar seperti dibawah ini




Di jurnal itu juga dijelaskan menggunakan web sebagai media CRM sangat efektif untuk memberikan informasi mengenai pelanggan. Dalam metode ini media yang digunakan berbasis teknologi informasi. Perlu dilakukan pemrograman oleh ahli untuk membuat software atau website yang dapat terkoneksi langsung dengan perusahaan.

Selain itu ada juga yang menggunakan software bernama Zachman Framework”. Pada jurnal yang berjudul “PEMODELAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN PETROKIMIA MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK” karya Vidila Rosalina. Di jurnal itu dijelaskan bahwa Analisis Kebutuhan sistem Customer Relationship management (CRM) pada PT. Titan Petrokimia,tbk. diawali dengan pemodelan sistem menggunakan pendekatan Zachman framework untuk memperoleh kondisi menyeluruh dari perusahaan yang dapat memisahkan antara data, proses, infrastruktur, orang, kejadian dan motivasi.

Media lain yang digunakan juga dapat menggunakan SMS, seperti pada jurnal yang berjudul “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS SMS GATEWAY PADA CV. ARINDRA MANDIRI” karya Ferdiyanto dan Kawan Kawan. Dengan terciptanya suatu media komunikasi alternatif melalui SMS gateway, memudahkan CV. Arindra Mandiri untuk memberikan berbagai macam informasi terkait proses bisnis kepada pelanggan. Serta mempermudah pelanggan dalam proses pemesanan selai pada perusahaan melalui media komunikasi yang tercipta dengan biaya sms yang jauh lebih murah.

CRM juga memiliki hubungan dengan Relationship Quality (RQ), Dan Customer Lifetime Value (CLV) seperti pada jurnal yang berjudul “Analisis Hubungan Antara Customer Relationship Management (CRM), Relationship Quality (RQ), Dan Customer Lifetime Value (CLV) (Studi Kasus Hotel Grand Legi Mataram)” Karya Dommy Dyotama. Disimpulkan bahwa penerapan Customer Relationship Management (CRM) mempunyai dampak positif terhadap Relationship Quality (RQ) dengan faktor fasilitas yang memiliki dampak paling besar terhadap penerapan dari CRM.

Intinya keberhasilan CRM sangat membantu dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, bukan hanya jualan. Tapi pelayanan yang baik. 

Dibawah ini gambar yang menjelaskan CRM :

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/16/e4/8e/16e48e5a752ce044eada581a956c98f7.jpg

Salam Hangat

Referensi :                                                                                                

  • “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN)” yang ditulis oleh Ovi Dyantina dan Kawan Kawan
  •  “Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Web pada Griya Muslim Flora” karya Teti Wijayanti
  •  “PEMODELAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN PETROKIMIA MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK” karya Vidila Rosalina
  • “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS SMS GATEWAY PADA CV. ARINDRA MANDIRI” karya Ferdiyanto
  • “Analisis Hubungan Antara Customer Relationship Management (CRM), Relationship Quality (RQ), Dan Customer Lifetime Value (CLV) (Studi Kasus Hotel Grand Legi Mataram)” Karya Dommy Dyotama
                                     

No comments:

Post a Comment